Jumat, 16 November 2012

Program Konversi Suhu dalam C Programming

Sejak ada Windows Live Writer 2012 sekarang jadi senang ngeblog , soalnya tidak perlu repot-repot untuk mengupload image yang tentu super ribet untuk artikel programming yang banyak screen shootnya. Pada kali ini saya akan mensharing program konversi suhu pada C Programming . Dalam Praktikum di Universitas Gunadarma ini adalah Laporan Praktikum ke 5 mata kuliah praktikum Algoritma Pemrograman 3.Okey selamat belajar , semoga ini bermanfaat bagi anda :

Listing Program

clip_image002

Logika Program

clip_image004

Void main() merupakan program utama yang tidak mempunyai nilai balik, float n ; adalah variabel yang bernama nyang bertipe data float (desimal). Float cr,ck,rc,rf,rk,fc,fr,fk,kf,kc,kr; ada kita mempunyai banyak variabel yang bertipe data float yang masing-masing bernama cr,ck,rc,rf,rk,fc,fr,fk,kf,kc,dan kr. Clrscr(); berfungsi untuk digunakan menghapus layar (membersihkan layar).

clip_image006

Printf() adalah keyword dalam C programming yang digunakan untuk mencetak dan /n berfungsi agar cetakan tersebut tercetak tepat dibawah pointer (seperti memberi jarak dengan cara menekan enter). Sehingga akan mengasilkan cetakan seperti ini :

clip_image008selanjutnya scanf akan berfungsi untuk meminta inputan ,&n bermaksud inputan yang tadi kita inputkan akan disimpan dalam variabel yang bernama n dan %f adalah program akan membaca inputan dari sesuatu yang kita inputkan dalam bentuk tipe data float.

clip_image010

Cr di deklarasikan sebagai n dikalikan 0.8 , n diambil dari data yang tadi kita inputkan , selanjutnya pada variabel lainnya seperti ck,rc,rf,rk,fc,fr,fk,kf,kc,dan kr berlaku sepeti cr. Contohnya kf dideklarasikan sebagai n dikalikan 1.8 lalu akan dikurang 459.67 , pada kf berlaku juga jika n sama dengan data yang sebelumnya kita inputkan.

clip_image012

Printf() adalah keyword dalam C programming yang digunakan untuk mencetak dan /n berfungsi agar cetakan tersebut tercetak tepat dibawah pointer (seperti memberi jarak dengan cara menekan enter). (“Konversi Derajat dari %f Celcius ke Reamur : %f”,n,cr) adalah bermaksud untuk mencetak Konversi Derajat dari (YANG TADI KITA INPUTKAN) ke Reamur : (HASIL PERHITUNGAN variabel cr YANG SUDAH KITA DEKLARASIKAN SEBELUMNYA, HASIL PERHITUNGAN TERSEBUT ADALAH BERTIPE DATA FLOAT). Jadi %f pertama berfungsi untuk mencetak apa yang sebelumnya kita inputkan , %f kedua berfungsi untuk menampilkan hasil perhitungan variabel cr dalam bentuk tipe data float. n,cr berfungsi untuk membaca variabel cr yang sudah dideklarasikan sebelumnya , yang dihitung berdasarkan n (data yang sebelumnya kita inputkan). Sehingga jika tadi sebelumnya kita inputkan angka 10 maka yang akan tercetak adalah sebagai berikut :

clip_image014

Untuk sisanya, logika programnya sama. Pokoknya harus di ingat jika %f pertama berfungsi untuk mencetak apa yang sebelumnya kita inputkan , %f kedua berfungsi untuk menampilkan hasil perhitungan variabel rc,rf,rk,fc,fr,fk,kf,kc,dan kr dalam bentuk tipe data float. n,rc sampai n,kr berfungsi untuk membaca variabel cr atau kr yang sudah dideklarasikan sebelumnya , yang dihitung berdasarkan n (data yang sebelumnya kita inputkan) ,hal ini juga berlaku pada n,cf ataupun n,kr.

clip_image016

Printf() adalah keyword dalam C programming yang digunakan untuk mencetak dan /n berfungsi agar cetakan tersebut tercetak tepat dibawah pointer (seperti memberi jarak dengan cara menekan enter). Sehingga akan mengasilkan cetakan seperti ini :

clip_image018

Sedangkan getch(); adalah berfungsi untuk mengembalikan satu karakter dari buffer keyboard.

Output Program

-saat pertama kali program dijalankan dan meminta kita untuk memasukan inputan.

clip_image020

-output jika sebelumnya kita menginputkan angka 10

clip_image022

***maaf bila masih ada kesalahan atau kekeliruan dalam logika program , apa yang saya sampaikan pada logika program semata-mata adalah pendapat saya sendiri dalam Praktikum C Programming Pertemuan 1 ini.

Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar