Kamis, 29 November 2012

Cara Membuar Purchase Register dalam MYOB


Kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara membuat Purchase pada MYOB dalam Praktikum Sistem Informasi Akuntansi Keuangan pertemuan ke 4 ini , okey dari pada berlama-lama saya akan mulai untuk menjabarkannya sebagai berikut :
 
1. Di bawah ini adalah tampilan awal dimana kita akan memasukan data-data. Selanjutnya klik Purchases Register.
clip_image002
2. Selanjutnya untuk membuat purchase baru klik new purchase,
clip_image004
3. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut
clip_image006
4. Selanjutnya ganti tipe purchasenya dari bill ke quote, karena kita akan membuat quote
clip_image008
Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
clip_image010
5. Selanjutnya adalah mengganti layoutnya dengan cara klik layout , lalu pilih item, memilih item karena kita akan memasukkan data sebuah barang. Lalu Klik OK.
clip_image012
6. Setelah tampilan layoutnya berubah, selanjutnya memasukan data pada purchases tersebut. Pilih suppliernya, pada kasus ini saya memilih JAVA INSTRUMENT. Lalu ketikan date, item number, quantity, price ,tax, ship via dan freight pada data yang sudah di tentukan. Lalu klik Save as Recurring, selanjutnya klik OK.
clip_image014
clip_image016
7. Lalu selanjutnya membuat ORDER, yaitu dengan cara pada bagian tab quote klik change to order.
clip_image018
clip_image020
8. Pada bagian ini isi supplier inv dengan PO-1101, lalu pada bagian paid today isi dengan 8.000.000. Selanjutnya klik record.
clip_image022
9. Maka selanjutnya akan muncul kotak Purchases Linked Accounts, selanjtuyna pada i track deposits paid to supplier, pilih account 1-1210 atau Piutang dagang. Lalu klik ok.
clip_image024
10. Selanjutnya adalah membuat bill , karena perusahaan akan melakukan pembayaran. Klik Enter Purchases, selanjutnya ganti tampilannya menjadi bill.
clip_image026
Maka akan muncul tampilan berikut
clip_image028
11. Lalu selanjutnya ganti layoutnya dengan layout item. Dengan cara klik layout lalu klik item, lalu klik OK. Maka layout akan terganti dengan layout item.
clip_image029
12. Lalu isi data-data yang telah ditentukan seperti item number, price, bill, received dan price. Lalu Klik Record.
clip_image031
Ini adalah data yang telah kita masukkan tadi kita klik pada All Purchase, maka data yang tadi kita masukkan akan keluar semuanya.
clip_image033
CARA MEMBUAT SALES REGISTER
1. Di bawah ini adalah tampilan awal dimana kita akan memasukan data-data. Selanjutnya klik Enter Sales.
clip_image035
2. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut
clip_image037
3. Kasus pertama adalah membuat quote maka ganti tampilan menjadi quote.
clip_image039
4. Setelah muncul tampilan qoute ubah dulu tampilan layoutnya dengan cara klik layout
clip_image041
Lalu Pilih tampilan Item
clip_image042
5. Selanjutnya adalah memasukan data-data penjualan kedalam sales tersebut. Langkah pertama adalah pilih suppliernya, lalu masukan item number, ship, ship via dan lain-lain. Setelah selesai klik Save as Recurring. Lalu klik OK.
clip_image044
Maka hasilnya adalah sebagai berikut
clip_image046
6. Selanjutnya adalah membuat order, sama caranya dengan purchase klik sales register → klik quotes → Klik Change to Order.
clip_image048
7. Selanjutnya adalah masukan Costumer PO dan paid today seperti pada contoh kasus di bawah ini. Lalu klik Record.
clip_image050
clip_image052
8. Selanjutnya adalah membuat Invoice. Pada invoice saya menggunakan kasus di bawah ini
clip_image054
Klik Enter Purchase → maka akan muncul tampilan invoice
clip_image056
9. Ganti tampilan layoutnya dengan service, dengan cara Klik layout → klik servive.→Klik OK
clip_image058
clip_image060
10. Selanjutnya isi description,acct, amount, job dan lain-lain seperti pada contoh kasus di atas. Lalu Klik OK.
clip_image062
Ini adalah data yang telah kita masukkan tadi kita klik pada All Sales, maka data yang tadi kita masukkan akan keluar semuanya.
clip_image064





























Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar