Minggu, 04 November 2012

Unsur-Unsur Multimedia


1. Text
Pada umumnya file-file yang bersangkutan dengan text adalah yang berkaitan dengan kumpulan-kumpulan angka , huruf , bahkan keduanya (alfanumerik) sehingga menjadi sebuah file yang disimpan dalam berbagai ekstensi file text seperti .text , .htm , .html , dan lain-lain.



  • File .txt

File dengan ekstensi .txt biasanya kita temui pada saat kita membuat dokumen di dalam aplikasi seperti Notepad. File ekstensi .txt termasuk kedalam kategori file yang sangat sederhana.File berekstensi ini juga sering kita jumpai saat kita ingin menulis blok program Bahasa Pemrograman apapun seperti COBOL , Java , Pascal , Python , dan Ruby.


  • File .htm

File dengan ekstensi .htm biasanya kita gunakan untuk membuat sebuah website atau situs . Semua blok program kita tulis manual dan simpan dengan ekstensi .htm yang akan berguna untuk membangun sebuah website atau situs.


  • File .html

File dengan ekstensi .html sebenarnya adalah penyempurnaan  file dengan ekstensi .htm yang sama-sama berguna untuk membangun sebuah website atau situs.Html adalah singkatan dari hypertext markup language yang bisa kita buat pada aplikasi semacam Notepad.


  • File .xhtml

File dengan ekstensi .xhtml adalah file yang sama seperti file berekstensi .htm tetapi dia juga mempunyai fungsi seperti file yang berekstensi .html.


  •  File .doc

File dengan ekstensi .doc adalah salah satu jenis file dokumen dari hasil file simpanan pada Microsoft Word 2003.


  •  File .docx

File dengan ekstensi .docx adalah salah satu jenis file dokumen dari  hasil file simpanan pada Microsoft Word 2007.


  • File .pdf

File dengan ekstensi .pdf adalah salah satu jenis file dokumen yang bersifat tetap dan tidak bisa dengan sembarang di edit , file dengan ekstensi  ini diciptakan untuk mengurangi pembajakan via internet. File dengan ekstensi file .pdf dapat kita buka dengan aplikasi Adobe Reader.




2. Gambar
Pada umumnya file-file yang bersangkutan dengan gambar adalah yang berkaitan dengan kumpulan-kumpulan gambar , baik yang bergerak ataupun yang tidak bergerak  sehingga akan membentuk sebuah file yang disimpan dalam berbagai ekstensi file gambar seperti .png , .jpg  , .gif , dan lain-lain.


  •  File .jpg

File dengan ekstensi .jpg adalah file dokumen yang berbentuk gambar yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.File ini biasanya ada pada telepon genggam kita sebagai output dari kamera ponsel atau smartphone yang kita miliki.


  • File .png

File dengan ekstensi .png adalah file dokumen yang berbentuk gambar yang gambarnya akan sesuai dengan ukuran gambar aslinya.File ini biasanya kita temukan sebagai hasil simpanan dari aplikasi seperti Paint.


  •  File .gif

File dengan ekstensi .gif adalah file dokumen yang berbentuk gambar yang seakan-akan gambar tersebut bergerak-gerak atau yang biasanya kita sebut sebagai screen saver pada ponsel atau smartphone yang biasanya kita gunakan.


  • File .tns

File dengan ekstensi .tns adalah file dokumen yang berbentuk gambar yang biasa  kita gunakan untuk membuat sebuah ikon dari suatu gambar.


  • File .ota

File dengan ekstensi .ota adalah file dokumen yang berbentuk gambar yang terdiri dari kumpulan beberapa atau banyak titik hitam yang menyebar tetapi membentuk sebuah gambar jika dilihat.




3. Suara
Pada umumnya file-file yang bersangkutan dengan suara adalah yang berkaitan dengan kumpulan-kumpulan musik , melodi , ataupun suara manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga menjadi sebuah file yang disimpan dalam berbagai ekstensi file suara seperti .mp3 , .wav , .mid , .amr , dan lain-lain.


  • File .mp3

File dengan ekstensi .mp3 adalah file dokumen yang berbentuk suara paling populer diantara jenis file ekstensi lainnya.File ini dapat kita temukan pada setiap ponsel , biasanya lagu-lagu pada ponsel juga memiliki ekstensi .mp3.


  •  File .wav

File dengan ekstensi .wav adalah file dokumen yang berbentuk suara yang biasanya kita gunakan sebagai nada dering pada ponsel atau aplikasi pada komputer dan perangkat genggam.


  •  File .mid

File dengan ekstensi .mid adalah file dokumen yang berbentuk suara yang hanya menampilkan suara-suara dari sebuah atau ebberapa alat musik.


  • File .amr

File dengan ekstensi .amr adalah file dokumen yang berbentuk suara sebagai hasil simpanan dari perekam suara pada ponsel.




4. Video
Pada umumnya file-file yang bersangkutan dengan video adalah yang berkaitan dengan kumpulan-kumpulan atau gabungan dari visual dan audio sehingga menjadi sebuah file yang disimpan dalam berbagai ekstensi file text seperti .mp4 , .avi , .3gp , dan lain-lain.


  • File .mp4

File dengan ekstensi .mp4 adalah file dokumen yang berbentuk visual-audio (video)  yang sering kita jumpai pada perangkat mobile , file jenis ini kualitasnya lebih bagus jika dibandingkan dengan file yang berekstensi .3gp.Penggunaan memory pada file berekstensi .mp4 berada diantara .3gp dan .avi.


  • File .avi

File dengan ekstensi .avi adalah file dokumen yang berbentuk visual-audio (video) yang kualitasnya sangat bagus, file ini di era sekarang biasanya disebut juga sebagai file divx.penggunaan memory pada file berekstensi .avi sangatlah besar setara akan kualitasnya.


  • File .3gp

File dengan ekstensi .3gp adalah file dokumen yang berbentuk visual-audio (video) yang sering sekali kita temui pada perangkat mobile seperti ponsel atau smartphone , kualitas video dengan ekstensi file .3gp adalah standar saja dikarenakan penggunaan memory yang juga tidak sebesar video berekstensi .mp4 atau .avi.


  •  File .flv

File dengan ekstensi .flv adalah file dokumen yang berbentuk visual-audio (video) , biasa kita temui saat kita mendownload sebuah video dari situs semacam youtube.


  •  File .swf

File dengan ekstensi .swf adalah file dokumen yang berbentuk visual-audio (video)  yang biasanya hanya bisa dibuka dengan aplikasi flash player seperti Macromedia Flash Player.




5. Animasi
Pengertian Animasi secara tradisional adalah film yang terbuat dari kumpulan beberapa gambar yang digambar di lebih dari satu kertas sehingga saat diputar secara berkala akan menampilkan sebuah efek seperti gambar yang bergerak.Pada jaman sekarang sebuah animasi harus memenuhi elemen-elemen standar animasi seperti layar , dialog antar tokoh , gambar yang bergerak , dan ilustrasi yang didemonstrasikan lewat musik.Wayang Kulit yang merupakan salah satu budaya Indonesia yang diakui dunia adalah salah satu yang termasuk animasi tertua didunia ini, hal ini disebabkan karena Wayang Kulit memenuhi elemen-elemen sebuah animasi seperti gambar yang bergerak , layar , dialog antar tokoh , dan ilustrasi yang didemontrasikan oleh alat musik tradisional seperti Gamelan Jawa.

Proses pembuatan animasi ada dua yaitu Proses Konvensional dan Proses Digital. Proses Konvensional akan memakan waktu lama jika dibandingkan Proses Digital dikarenakan banyak proses yang harus dilewati Proses Konvensional seperti proses penggambaran manual , lalu mencetaknya pada plastik transparan , setelah itu akan diwarnai dan baru masuk ke proses screening alias menggunakan kamera khusus yang bernama Multiplane didalam ruangan serba hitam.Sedangkan Proses Digital sangat sinkron dengan Proses Konvensional karena dari awal penciptaan tokoh,suasana, dan lain-lain bisa kita buat dari komputer.

Kenapa Animasi tidak memiliki ekstensi file yang baku?
Pertama menurut saya dikarenakan banyak file-file dokumen yang memiliki syarat elemen agar bisa disebut sebagai animasi , sebagai pengingat elemen-elemen animasi adalah meliputi layar , dialog antar tokoh , gambar yang bergerak , dan ilustrasi yang didemonstrasikan lewat musik.Elemen-elemen tersebut dapat kita mudah jumpai pada file-file berjenis visual-audio atau video seperti yang berekstensi .avi , .mp4 , .3gp bahkan pada file visual atau gambar seperti screen saver yang berekstensi .gif.
Yang kedua menurut saya , karena animasi yang biasanya kita buat di berbagai macam software seperti 3DMaxx dan Blender tidak bisa dilihat disoftware lainnya. Misalnya ,kita membuat animasi di software 3DMaxx dan hasilnya ingin kita lihat di Software lainnya yaitu Blender misalnya , maka dapat dipastikan hal itu tidak akan bisa dilakukan karena jika kita membuat animasi di 3DMaxx maka hanya dapat di buka dan di lihat pada 3DMaxx begitupun terhadap Software Blender. Lain halnya dengan video (ekstensi .mp4 misalnya) , file ekstensi tersebut dapat kita buka atau lihat di aplikasi mana pun seperti Windows Media Player , Winamp , ataupun player video bawaan yang ada di smartphone ataupun tablet pc.
Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar