Minggu, 07 Oktober 2012

COBOL 64 bit dan Contoh Program Sederhana Luas Segitiga

COBOL adalah bahasa pemrograman jadul yang sampai sekarang masih banyak di pakai oleh beberapa lembaga.COBOL bekerja di system 32 bit jadi akan tidak bekerja bila di install pada komputer atau laptop jaman sekarang (64 bit). Untuk itu diperlukan software pihak ketiga agar COBOL dapat bekerja dengan baik pada komputer 64 bit.Software tersebut adalah DosBox (dapat anda download sendiri di google).
Berikut ini tata cara langkah untuk menjalankan COBOL :

  1. Hal pertama yang kita lakukan adalah mengekstrak file COBOL yang sudah kalian download (cari sendiri ya di google , banyak koq hhehe).Disini saya mengekstraknya ke disk D.
  2. Setelah itu buka DosBox lalu ketikan mount d d:\cobol , lalu masuk ke direktori disk D dengan cara mengetikan d: . Ketik cobol dan voila! kompiler COBOL yang bertugas untuk mengcompile file pun  terbuka. 
  3. Bingung ya nulis listing programnnya dimana? tenang, disini kita akan menggunakan program notepad (inget notepad bukan notepad++,soalnya kalau notepad++ tidak mempunyai ekstensi file cobol).
  4. Setelah listing program selesai diketik, save file di folder COBOL berada yaitu d:\cobol (kalau berbeda tinggal disesuai saja).Jangan lupa simpan dengan ekstensi .cob
  5. Sekarang balik lagi ke DosBox yang tadi sudah terbuka compiler COBOL nya, ketikan namafile.cob (file yang anda simpan tadi) , lalu ketik enter 2 kali.Kemudia running Program yang anda save tadi dengan mengetikan runcob namafile.cob
  6. Dan hasilnya seperti disini (Screenshoot paling bawah)

langkah awal sampai compiler COBOL terbuka




Okey , sampai disini dulu, bila ada salah kata ataupun kesalahan yang fatal mohon untuk dimaafkan.Semua yang saya tulis adalah hanya semata-mata pemahaman saya pribadi dan maaf juga ya berantakan soalnya bingung naruh screenshootnya gimana .Sampai jumpa diartikel berikutnya :D
Comments
8 Comments

8 komentar:

  1. ini ngebantu bgt. tapi kalo illegal command pas udah masuk di drive d mau ke cobol? gimana lg dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, kalo illegal command berarti lokasi cobol yang kamu ketikan tidak sesuai dengan contoh diatas, jika kamu menyimpan hasil extrak cobol di direktori C, pada dosbox dapat kamu ketikan MOUNT C C:/COBOL , setelah itu tekan enter ketikan C: , enter lagi , lalu ketikan COBOL dan enter maka compiler cobol akan terbuka.

      Hapus
  2. masih gabisa nih, file .cob nya gabisa kebuka di dosbox
    kira2 salah dimana ya?
    tolong dibantu yaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas , coba simpan hasil ektrakan cobol di direktori D agar bisa mengikuti tata langkah seperti diatas, yang kedua harus diperhatikan adalah lokasi penyimpanan file .cob , haruslah di folder file cobol (D:/COBOL kalo kita simpan di direktori D). saat tinggal compiling file di dosbox , kita wajib menuliskan nama_file.cob (.cob harus disertakan , jangan sampai kelupaan)

      Hapus
  3. maaf, saya juga mengalami mslah yg sama dengan saudari anisa
    udh di compaile di D, tpi waktu ngetik cobol di direktori D masih terdapat tulisan "ilegal command"
    gmana ya itu, kira2 apa yg salah ???
    trims

    BalasHapus
  4. makasih banget ya kak artikelnya, tadinya aku punya dosbox tp gabisa dijalanin trus kalo ada tugas minta output dari temen terus, tapi skarang udah bisa bikin output sendiri, berguna banget :)

    BalasHapus
  5. Huheheheh sama banget ama yang di atas..makasih banyak ya kak..postingannya membantu sekali :D

    BalasHapus
  6. kak saya sudah coba di direktori C maupun D tetap tidak bisa , selalu muncul RunTime Error

    BalasHapus