Selasa, 13 Januari 2015

Tugas Softskill : Contoh Proposal Afiliasi Bisnis

KELAS : 4IA22
NAMA  :
  1. ARIES ANDRIANTO
  2. ANI RISDAWATI
  3. RATIH ANIS K.
  4. DWIKY REZA S.  (TIDAK HADIR SAAT PRESENTASI)
  5. IMAM ARIEF W.  (TIDAK HADIR SAAT PRESENTASI)


LATAR BELAKANG
Bukalapak pertama kali didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasiskan di Jakarta. Namun, secara resminya Bukalapak berdiri sebagai PT (Perseroan Terbatas) pada September 2011 dan sejak itu mulai dikelola oleh Achmad Zaky selaku CEO dan Nugroho Herucahyono selaku CTO.

Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator(perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu.


Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 July 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.

Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.

Pada 25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy, yaitu dimana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu ketika akan membeli barang. Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan pembeli memilih tab Beli Tanpa Akun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email yang selalu aktif dan detail alamat pengiriman barang. E-mail aktif tersebut nantinya digunakan untuk mengirim tagihan pembayaran dan sebagai kontak untuk menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu untuk email diharapkan tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan berpengaruh kepada verifikasi transaksi anda.

Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline. Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.




Tujuan
Untuk mempermudah penjual dalam mempublikasikan barang yang akan dijualnya dan juga memudahkan pembeli untuk mencari barang yang di inginkannya karena bukalapak.com adalah tempat dimana banyak penjual berkumpul.

WBS (Work Breakdown Structure)
WBS adalah suatu metode pengorganisaian proyek menjadi struktur pelaporan hierarakis. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.hal ini dimaksudkan agar proses perencanaan proyek memiliki tingkat yang lebih baik.
WBS disusun bedasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci, yang disebut sebagai Wok Breakdown Structure.
Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
• Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
• WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

Manfaat Work Breakdown Structure (WBS)
  1. Mengurangi kompleksitas
  2. Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  3. Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  4. Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  5. Perencanaan manajemen Risiko
  6. (Risk Management Planning)
  7. Identifikasi aktivitas(Activity Definition)

a.       Kegiatan/task
Pembuatan template website
-          Membuat struktur desain template
-          Mengaplikasikan desain ke dalam format html dan css

Pengerjaan programming
-          Merancang database
-          Membuat table di dalam database
-          Membuat erd
-          Pengaplikasian fungsi website dengan menggunakan php
-          Pengaplikasian security terhadap website


Pengisian website
-          Memasukkan data yang diperlukan dalam website
-          Melakukan uji coba website

b.      Biaya
-          Harga Pemasangan Iklan : Gratis

c.       Waktu
Untuk menyelesaikan pembuatan website bukalapak ini dibutuhkan waktu empat bulan.

d.      Implementasi
Tampilan website dan perancangan website bukalapak.

-          Tampilan Halaman Utama
Gambar 1.1 Tampilan yang muncul saat kita membuka halaman web bukalapak.com

                -Tampilan Pencarian Barang

Gambar 1.2 Tampilan Saat Kita Mencoba Mencari Suatu Barang

                -Tampilan Register

Gambar 1.3 Tampilan Registrasi Website Bukalapak.com

                -Tampilan Login

Gambar 1.4 Tampilan Login Website Bukalapak.com

                -Tampilan Deskripsi Barang

Gambar 1.5 Tampilan Deskripsi Iklan salah satu took yang ada di Website Bukalapak.com

                -Tampilan Pembelian Barang
Gambar 1.6 Tampilan Keranjang Belanja pada Website Bukalapak.com










Comments
0 Comments
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar