I. Pengertian E-Commerce
E-commerce adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik,
dengan cara transfer dana elektronik. E-commerce juga merupakan bagian dari
e-business, tetapi cakupan e-business lebih luas. E-commerce pertama kali
diperkenalkan tahun 1994. Banyak jurnalis memperkirakan bahwa E-commerce akan
menjadi sebuah sektor ekonomi baru yang kemungkinan nantinya akan berkembang
pesat.
II.
Sejarah E-Commerce
Sejarah perkembangan
E-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus
berkembang sehingga timbulah E-commerce. Internet sendiri mulai lahir pada
tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA,
Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di
Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara
satu dengan yang lain. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet - ARPA yang
merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Seiring dengan perkembangan
ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan
eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan
satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah
"Internet".
E-Commerce pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner elektronik dipakai
untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Jurnalis banyak
beranggapan bahwa e commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi yang nantinya
akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protocol HTTPS
memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara
tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa
mengembangkan situs web perdangan ini. Menurut Riset Forrester, perdagangan
elektronik ini menghasilkan penjualan seharga $12,2 milyar pada tahun 2003.
III.
Jenis-jenis E-Commerce
E-Commerce sendiri dibagi menjadi tiga tipe
, yaitu:
1. Electronic Markets (EMs).
EMs adalah sebuah sarana
yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan
penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan
berbagai macam harga yang ditawarkan serta bertukar informasi tentang produk
(barang) yang ditawarkan beserta daftar harganya.
2. Electronic Data Interchange (EDI).
EDI adalah sarana
pertukaran data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui oleh
antar organisasi yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem
komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik. EDI
sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar
ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
3. Internet Commerce.
Internet commerce adalah
penggunaan internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk
perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam internet commerce ini biasanya berupa
iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di
internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim
melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
IV. Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce
Kelebihan e-commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya
e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan
dapat diantar.
Kekurangan e-commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi
biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan
sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, karena kurang mengenalnya pembeli dengan
si penjual. Oleh karena itu dibutuhkan sekali kecermatan dalam memilih situs
e-commerce agar tidak mudah tertipu.
Contoh situs E-Commerce (Lazada.co.id)
Untuk mengambil contoh situs yang mengusung
sistem belanja online atau E-commerce, saya mengambil contoh situs belanja
online yang sudah cukup terkenal di Indonesia, yaitu Lazada, untuk
melihat website Lazada anda bisa diklik disini: www.Lazada.co.id
Berikut tampilan situs www.lazada.co.id :
A.
Sejarah Lazada.co.id
Lazada.co.id The Fastest
Growing e-Commerce in Indonesia – Keberhasilan sistem perdagangan online
(eCommerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang
mendambakan sebuah kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.id adalah salah satu
toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan
kemudahan belanja online pesan antar. Adalah sebuah perjalanan yang menabjubkan
bagi Lazada.co.id dan orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi
besar seperti sekarang.
Bayangkan saja, Dalam
kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko online terbesar di
Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest
Growing e-commerce in Indonesia”, Mari kita simak sejarah perjalan Lazada.co.id
di dunia e-commerce tanah air.
ü Januari 2012 – Rocket
Internet yang bermarkas di Berlin, Jerman mendirikan sebuah kantor di ibukota
indonesia, Jakarta. Saat itu Rocket Internet baru memperkerjakan 4 orang
karyawan di Lazada.
ü 15 Maret 2012 - Website Lazada.co.id diluncurkan pada bulan
Maret 2012, bukan hanya di Indonesia saja namun di Philipina, Thailand,
Malaysia, Vietnam dan menjadikan Lazada sebagai toko online yang kini tidak
asing lagi di telinga setiap orang di wilayah Asia Tenggara. Tepatnya pada
tanggal 15 Maret lazada.co.id terbuka untuk umum, dengan 4 kategori utama dan
4.000 produk didalamnya.
ü Maret – Selang satu
minggu setelah peluncuran, lazada.co.id mendapatkan pelanggan pertamanya, yang
kemudian memberikan testimoni pada sebuah interview mengenai kepuasaanya
berbelanja di lazada.co.id.
ü April 2012 - Dengan
pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan, dan kelengkapan
sistem pembayaran termasuk COD, dalam jangka waktu satu bulan setelah
peluncuran, jumlah pelanggan lazada.co.id telah mencapai 1000 pelanggan.
ü Juni 2012 - Semakin banyaknya ragam produk yang dijual di
lazada.co.id, Membuat Lazada membuka kantor baru yaitu sebuah warehouse dan
pusat distribusi, kantor terbaru ini menampung dengan baik tiap produk yang
tampil pada website dan mengatur tiap pemesanan pelanggan dengan teliti
sehingga kemungkinan kesalahan pengiriman kecil terjadi.
ü Agustus 2012 – Berkat
keseriusan dan kerja keras seluruh karyawan dibelakang Lazada, pada bulan
Agustus lazada.co.id menjadi top 100 website di Indonesia! Dibulan ini pula Lazada
telah memiliki 200 karywan.
ü September 2012 – Berkat
cepatnya perkembangan lazada.co.id yang diiringi dengan atusiasme masyarakat
Indonesia terhadap sistem belanja online, pada bulan sepember Lazada.co.id
telah menduduki top 70 website di Indonesia.
ü 14 September 2012 – JP
Morgan Asset Management mengkonfrimasi investasi terhadap jaringan LAZADA Asia
Tenggara. CEO LAZADA Regional Asia Tenggara, Maximilian Bittner menyatakan,
“Kami sangat merasa terhormat untuk menyambut JP. Morgan untuk menjadi investor
kami dan tentunya sangan bahagia bergabung dengan investor dengan berbagi visi
dan kepercayaan akan potensi besar wilayah yang berpopulasi besar dengan
mereplikasi perilaku berbelanja online di negara maju.” (Kutipan Wikipedia).
ü 8 Oktober 2012 – Peka
dengan perkembangan trend di Indonesia, pada 8 oktober lazada.co.id menjadi
trending topic #2 di sosial Twitter dengan campaign hastag #Bringmeto1D. Dalam
campaign One Direction ini Lazada bekerjasama dengan SonyMusic untuk
memberangkatkan beberapa pelanggan Lazada.co.id untuk bertemu dengan One
Direction.
ü 24 oktober 2012 – Tim
Marketing sosial media Lazada bersorak gembira dengan melihat keberhasilannya
atas 100,000 “likes” pada akun Facebook page Lazada.co.id.
ü 12 November 2012 –
Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih
dari USD 40 juta. (Baca lengkapnya di Wikipedia)
ü Desember 2012 – Dengan
pelanggan yang terus puas dengan pelayanan dan produk yang dihadirkan, pada
bulan terakhir di 2012, Lazada.co.id berada diposisi top 60 website di
indonesia dan “like” Facebook yang sudah menembus angka 220.000.
ü 5 Desember 2012 – Summit
Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi
sebesar USD 26 juta pada Lazada. (Baca lengkapnya di Wikipedia)
ü 12 Desember 2012 - Angka 12.12.12 adalah sebuah revolusi di
dunia e-Commerce di Indonesia yang mana event ini diprakarsai oleh Lazada. Pada
12 desember 2012 ini Lazada.co.id menghadirkan berbagai produk pilihan dengan
diskon yang sangat besar. Angka penjualan melonjak pesat setelah campaign ini.
ü 31 Desember 2012 –
Pentingnya sebuah User Interface sebuah website untuk kemudahan berbelanja tiap
orang menjadikan Lazada meluncurkan website dengan interface terbaru, yang
lebih bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co.id. Pada
bulan ini juga website lazada.co.id sudah memiliki kategori produk sebanyak 13
buah dan 25.000 produk yang dijual online.
ü Januari 2013 –
Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang
dikabarkan mencapai USD 20 juta. (Baca lengkapnya di Wikipedia)
ü Februari 2013 – Iklan TVC
Lazada.co.id tayang perdana di televisi nasional indonesia.
B.
Sistem Penjualan Lazada.co.id
Lazada.co.id dapat juga
disebut dengan toko online adalah sistem penjualan dengan menggunakan jasa
internet, berbasis web dan dapat bertransaksi dengan online tanpa adanya tatap
muka antara pembeli dan penjual. Ini tentu saja memudahkan para pembeli yang
berasal dari daerah yang jauh untuk melakukan transaksi dengan harga yang
normal. Tentu saja daerah si pembeli yang jauh akan mempengaruhi lama tidaknya
barang yang dibeli sampai ke pembeli tersebut.
Saya akan mencoba
menjelaskan tentang langkah-langkah dalam penjualan online yang dilakukan oleh
lazada.co.id :
- Pembeli
diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id
- Lalu
pembeli memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar
produk yang telah disediakan oleh lazada.co.id beserta dengan harganya dan
potongan pembelian.
- Lalu
pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang
dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan
produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.
- Selain itu
juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di
setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.
- Jika
dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka
pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak
sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan
belanja”.
- Langkah
selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli
tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata
sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah
melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli untuk konfirmasi tentang pembelian.
- Setelah
akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu
akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana
pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor
handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos
kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan
ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”. Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli
mengklik tombol "Lanjutkan".
- Selanjutnya
pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang
disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank
transfer. Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada
di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu
kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit
yang diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli
untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual.
Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk
mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada
"konfirmasi pembayaran".
- Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan.
C.
Kelebihan dan Kekurangan Lazada.co.id
Kelebihan Belanja Online Di Lazada :
1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi kesuatu
toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau
ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan lawong barangnya saja
cuma sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam
walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga
tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga,
buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja
banyak produk di lazada.
2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Diskon merupakan salah
satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat
uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada
pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen
untuk beberapa produk tertentu. Produk yang beberapa hari yang lalu saya beli
dari lazada merupakan produk yang didiskon 20% dari harga awal, lumayan untuk
menghemat bukan?
3. Website yang user friendly
Bagi orang awam belanja
ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan
belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan
navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita
sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di
lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan
konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4. Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang
menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal
untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para
pelanggannya dengan menggratiskan ongkos
kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk
perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim
gratis.
5. Bisa COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja
online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut
ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada
saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini
mungkin baru ada di daerah jakarta sebab saat saya pesan barang untuk di
Bandung tidak ada fasilitas COD.
6. Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti
mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan
ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena
itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.
Pengalaman saya adalah saat membeli salah satu produk lazada, saya pesan dan
melakukan pembayaran pada tanggal 15 agustus 2012 kemudian pada tanggal 16
agustus pukul 10.00 pagi barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat.
Kekurangan Belanja Online Di Lazada :
1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga
tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi
pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat
pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi
pembayaran pukul 10an pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima
pukul 3 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena
masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan
beberapa menit saja untuk mendapatkan konfirmasi.
2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak
kota
Fasilitas COD yang
ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih
untuk kota jakarta dan sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD,
mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan
tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.
D.
Grafik Lazada.co.id
Traffic
rank pada website Lazada.co.id cenderung meningkat dari awal mulai situs
tersebut beroperasi hingga saat ini. Itu dapat terlihat dari naiknya terus grafik
seperti gambar diatas.Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengunjung situs
Lazada.co.id yang ingin melakukan belanja online. Terlebih lagi Lazada.co.id
menyediakan banyak pilihan produk dari berbagai merek dan potongan harga yang
menggiurkan jika dibandingkan toko lainnya. Inilah yang menyebabkan
Lazada.co.id menjadi salah satu top website yang sering dikunjungi oleh
penduduk Indonesia.
Sumber: